Jenis Sakit Sendi

Jenis Sakit Sendi – Tendinitis adalah peradangan atau iritasi pada otot tendon. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit di bagian luar sendi. Tendinitis dapat terjadi pada bagian tubuh manapun, tetapi yang paling umum adalah di sekitar pundak, sikut, pergelangan dan tumit.

Jenis Sakit Sendi

Jenis Sakit Sendi

Sakit Sendi Tendinitis

Beberapa nama dari berbagai masalah Jenis Sakit Sendi tendinitis antara lain :

  • Sikut = Tennis elbow
  • Sikut = Golfer’s elbow
  • Sikut = Pitcher’s elbow
  • Pundak = Swimmer’s shoulder
  • Kaki = Jumper’s knee

Jika tendinitis parah dan menyebabkan kerusakan tendon, anda perlu menjalani operasi untuk memperbaikinya. Tetapi banyak kasus tendinitis dapat berhasil diobati dengan beristirahat dan menggunakan obat pengurang rasa sakit dan pembengkakkan.

Tanda dan Gejala Tendinitis

  • Peradangan tendon atau ligament
  • Gerakan sendi yang terkena terbatas, nyeri, nyeri tekan, bengkak
  • Sendi yang terkena antara lain : siku, pergelangan kaki dan paha
  • Kelemahan tendon akibat penumpukan kalsium

Penyebab Jenis Sakit SendiTendinitis

  • Cedera saat
  • Gangguan fungsi otot rangka
  • Postur tubuh

Faktor Resiko Jenis Sakit Sendi Tendinitis

Faktor resiko terjadinya tendinitis antara lain usia, pekerjaan atau olahraga yang dilakukan. Orang yang berusia lanjut memiliki tendon yang kurang fleksibel, hal ini dapat membuatnya mudah terjadi cedera.

Terkait dengan pekerjaan, tendinitis lebih umum terjadi pada mereka dengan :

  • Gerakan yang berulang
  • Posisi tubuh yang janggal
  • Bergetar
  • Pengerahan tenaga

Cara Mencegah Tendinitis

  • Hindari aktivitas yang memberikan tekanan pada otot tendon.
  • Lakukan kombinasi olahraga yang dilakukan, seperti berlari dengan latihan ringan seperti bersepeda atau renang.
  • Pemanasan terlebih dahulu.
  • Persiapkan otot sebelum bermain.

Osteomielitis

Osteomielitis merupakan suatu proses peradangan pada tulang yang disebabkan oleh invasi mikroorganisme (bakteri dan jamur). Diagnosis perlu ditegakkan sedini mungkin, terutama pada anak-anak sehingga pengobatan dapat segera dimulai dan perawatan pembedahan yang sesuai dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksidan kerusakan yang lebih lanjut pada tulang.
Gejala dan Tanda-Tanda Osteomielitis

  1. Infeksi tulang dan sumsum tulang
  2. Terkadang demam
  3. Rasa sakit menyeluruh
  4.  Nyeri, bengkak, kemerahan, hangat dan nyeri tekan pada tulang yang terkena (terutama saat digerakkan)
  5. Terdapat nanah yang keluar melalui kulit sendi/tulang yang terkena tanpa disertai demam

Faktor Penyebab Osteomielitis

Infeksi bakteri yang menyebar dari :

Jenis-Jenis Osteomielitis

1. Osteomielitis Primer (Hematogenik)

Disebabkan oleh penyebaran secara hematogen dari fokus lain. Osteomielitis hematogen merupakan ostemielitis primer pada anak-anak dan dapat dibagi menjadi akut dan kronik.

a. Osteomielitis Hematogen Akut

Merupakan suatu infeksi pada tulang yang sedang tumbuh. Tulang yang seringterkena adalah tulang panjang seperti femur, tibia, humerus, radius, ulna danfibula. Bagian tulang yang diserang adalah bagian metafisis.

b. Osteomielitis Hematogen Kronik

Merupakan lanjutan dari osteomielitis hematogen akut. Dapat terjadi karena terapi yang tidak adekuat, adanya strain kuman yang resisten terhadap ,menggunakan obat-obat imunosupresif serta kurang baiknya status gizi.

2. Osteomielitis Sekunder (Perkontinuitatum)

Osteomielitis yang disebabkan oleh penyebaran kumandari sekitarnya, seperti bisul dan luka

Osteoarthritis

Jenis sakit sendi yang lainnya adalah osteoarthritis. Penyakit osteoarthritis khususnya pada lutut tidak usah ditakuti nnamun sebaiknya memang tetap harus berhati-hati dan waspada. Karena secara umumnya tidak berbahay dan juga tidak dengan mudah diatasi. Tentunya hal ini kita akan tahu mengapa kita harus melakukan pemeriksaan akan nyeri lutut. Keterbatasan dari pengetahuan pengobatan penyakit osteoarthritis secara tradisional juga bisa memunculkan cacar seccara permanen yang juga susah untuk bisa dikoreksi jika sudah terlambat walaupun tindakan dari pembedahan dengan cara yang canggih sekalipun. Misalnya adalah seperti keluhan patah tulang yang terjadi di dalam sendi dan juga tidak disadari oleh si penderita. Umumnya hanya dianggap sebagai salah satu sakit sendi yang biasa saja.

Penyebab nyeri sendi osteoarthritis pada lutut :

  1. Yang terjadi pada anak-anak
    Penyakit osteoarthritis yang terjadi pada anak-anak biasana diakibatkan karena suatu pertumbuhan pada lutut yang terjadi namun kurang sempurna. Karena itulah perlu adanya melakukan penanganan sedini mungkin untuk mencegeha terjadinya ketidaksempurnaan disaat masa tumbuh mereka selelsai. Kelainan yang terjadi ini harus mendapatkan perhatian lebih misalnya adalah Chondromalacia yakni adalah bagian tulang rawan sendi yang keras, keluhan disciud meniscus atau juga bentuk dari meniscus yang terjadi dengan tidak sempurna.
  2. Pada dewasa
    Penyakit sakit sendi yang menyerang orang dewasa biasanya menimbulkan suatu nyeri lutut karena akibat trauma misalnya adalah seperti terjatuh, keseleo, mengalami cedera saat melakukan olahraga baik yang disadari atau juga yang tidak. Dan banyak orang yang menganggap bahwa cidera ringan yang terjadi ini biasanya hanya cukup dengan cara di urut dan juga diserahkan hanya dengan melakukan pengobatan tradisional saja. Padahal kemungkinan terjadinya hal yang berbahaya bisa saja terjadu. Untuk kasus cedera-cedera tertentu bisa saja merupakan salah satu bentuk bola salju, dan jika tidak ditangani dengan lebih adekuat lagi maka bisa memunculkan masalah yang lebih kompleks di kemudian harinya.

Itulah informasi mengenai beberapa jenis sakit sendi. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda semua dan bisa menambah informasi pengetahuan Anda.

Jenis Sakit Sendi


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Sakit Sendi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Sendi and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>