Penyakit Osteoartritis

Penyakit osteoartritis merupakan radang sendi penyakit rematik yang sering dijumpai dan kasusnya lebih sering dialami mereka yang berusia lanjut. Wajar saja, mengingat osteoartritis merupakan proses penuaan normal, meski juga dapat disebabkan proses aus pada sendi.

Penyakit Osteoartritis

Penyakit Osteoartritis

Penyakit Osteoarthritis

Penyakit Osteoartritis merupakan penyakit kronis sendi karena peroses penuaan. Akibat pemakaian berulang-ulang, terjadilah perlunakan, penipisan dan pengelupasan rawan sendi. Selanjutnya diikuti pembentukan tulang baru ditepi sendi (pekapuran) disertai penebalan dan kekuan ligamen serta selaput sendi.

Tulang rawan sendi atau kartilago adalah jaringan kokoh dan elastis yang menjadi bantalan tulang pada persendian dan membuat tulang dapat bergerak bebas. Tulang rawan sendi menjadi penting mengingat fungsinya sebagai pelindung atau bantalan yang berada diantara tulang. Seperti shock breaker. Jadi ketika lompat-lompatan tidak masalah.

Secara fisiologis, tulang rawan sendi merupakan organ yang sangat luar biasa. Kuat, sangat licin dan tetap muda, dengan komposisi sel, matriks, air, dan cairan sendi. Tulang rawan ini mendapat makanan dari selaput sendi melalui proses osmosis dan pergerakan.

Penyakit osteoarthritis merupakan salah satu kelainan sendi tanpa peradangan yang bisa terjadi menyerang bagian sendi yang kemudian bisa digerakkan. Paling utama adalah sendi penopang berat badan, dengan suatu gambaran sakit sendi patologis yang bersifat dan berkarakteristik dalam memburuknya suatu rawan sendi serta dari terbentuknya suatu tulang yang baru dibagian tepi-tepi tulang yang juga membentuk sendi, sebagai salah satu hasil akhir dari terjadinya proses perubahan biokimiawi, metabolisme, fisiologis dan juga secara patologis yang dilakukan secara serentak di bagian jaringan hialin rawan, dan bagian jaringan subkondreal, dan juga pada bagian jaringan tulang yang bisa membentuk suatu persendian.

Perubahan yang terjadi pada sistem metabolisme tulang rawan sendi sudah terjadi biasanya sejak awal dari proses sakit sendi. Dan selain itu juga perubahan yang terjadi ini bisa dalam bentuk peningkatan pada aktvitas enzim yang bisa membuat kerusakan pada proteoglikan dan kolagen matriks tulang rawan sendi sehingga kadar dari proteoglikan menuurn, dan bisa merubah sifat kolagen dan membuat penurunan pada kadar air di dalam tulang rawan sendi. Tulang rawan sendi tadi bisa berubah menjadi tidak homogen, mengalami pecah-pecah, dan juga mengalami suatu peribekan dan ulserasi. Celah yang semakin dalam, namun masih belum sampai menuju ke perbatasan daerah subkondreal.

Selain itu, jumlah dari sel rawan yang juga mulai mengalami penurunan, dan begitu juga dari kadar kolagen. Tulang rawan sendi yang sudah hilang dengan secara menyeluruh sehingga pada permukaan tulang yang ada dibawahnya akan berubah menjadi terbuka. Akibatnya adalah sifat biomekanis pada tulang rawan sendi akan mengalami perubahan dan bisa dengan lebih mudah rentan dengan suatu beban yang normal. Jadi penyakit osteoarthritis merupakan salah satu hasil akhir dari proses biokimiawi, seluler dan juga enzimatik yang juga dicetuskan dari segala macam mekanisme.

Proses pembentukan dari tulang yang baru atau yang diistilahkan sebagai osteofit yang banyak disebut sebagai pengapuran tulang yang dianggap sebagai salah satu proses dari perbaikan oleh beberapa ahli. Namun, pembentukan dari osteofit atau tulang yang baru tadi masih belum jelas karena proses ini jga bisa muncul disaat tulang rawan masih dalam keadaan yang normal.

Untuk penyakit osteoarthritis, osteofit biasanya akan tumbuh pada awal terjadinya perubahan biokomiawi. Dan sebelum terjadinya suatu kelainan secara histologis pada bagian rawan sendi. Jika proses dari sakit sendi OA ini bisa bergerak dengan lambat, maka biasanya osteofit akan tumbuh dengan lebih besar lagi, dan sebaliknya jika OA cepat, maka osteofit yang terbentuk kecil dan juga tidak membentuk sama sekali.

Gambaran Klinis Osteoarthritis

Gambaran klinis dari sakit sendi OA biasanya bermacam-macam. Semuanya tergantung dari bagian sendi mana yang diserang. Dan respon dari si penderita serta dari lamanya si penderita menderita penyakit tersebut. Sendi yang terkena adalah bagian sendi penopang berat badan misalnya adalah seperti daerah lutut, panggul, tulang belakang serta bagian kaki. Dan secara klinis, penyakit OA dibagi menjadi 3 tingkatan atau 3 stadium yakni adalah :

  1. Subklinis
  2. Oa manifes
  3. OA dekompensasi.

Pada tingkatan untuk subkilinis biasanya gejala yang muncul adalah masih belum ada keluhan atau juga tanda klinis yang lain. Kelainan yang baru biasanya terbatasa pada bagian ingkat seluler dan juga bagian biokimiawai rawan sendi. Untuk tingkatan sakit sendi OA manifes biasanya penderita akan melakukan pemeriksaan ke dokter. Kerusakan pada rawan sendi dan akan semakin bertambah luas dan disertai dengan terjadinya suatu reaksi peradangan. Sampai sakit sendi OA dekompensasi dimana rawan sendi yang sudah mengalami kerusakan sama sekali, kemungkinan akan mengalami suatu pembengkakan dan juga suatu kerusakan. Maka tahap ini biasanya dibutuhkan tindakan pembedahan.

Hal-hal yang bisa dilakukan adalah :

  1. Melakukan aktivitas fisik dengan cara menggunakan semua badan dan juga menggunakan bagian sendi-sendinya.
  2. Melakukan olahraga secara teratur dan dilakukan rutin sepanjang tidak membuat terjadinya kerusakan pada bagian struktur sendi yang akan membuat ligamen menjadi semakin kuat dan juga pada bagian komponen sendi yang lain misalnya adalah lari pagi.
  3. Menjaga dan mengendalikan berat badan
  4. Melakukan evaluasi pada sikap tubuh disaat melakukan aktivitas.

Penyakit Osteoartritis

Cara Pemesanan

Propolis Melia Nature

 Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Sakit Sendi dan Penyakit Lainnya

1 Botol Propolis Melia Nature Harga Rp. 115.000 dengan Isi 6 ml/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0818-0635-7728, tuliskan: Pesan Propolis Melia Nature, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap ( Untuk Menentukan Ongkos Kirim )


=====================================

>>> Propolis Melia Nature Untuk Mengobati Sakit Sendi dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Sakit Sendi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.